GOLDEN SUNRISE SIKUNIR

8 Maret 2016
Dieng merupakan salah 1 tujuan destinasi yang terkenal dengan wisata alam dan juga budayanya. Karena jarak yang cukup dekat dengan Semarang, kami ber 4 akhirnya memutuskan untuk menghabiskan waktu pada saat hari Libur Nyepi di Dieng. Perjalanan dari Semarang menuju Dieng kurang lebih bisa ditempuh selama 5 jam dengan kendaraan pribadi.
Buat kalian yang ingin pergi ke Dieng, ada baiknya menyiapkan penginapan terutama jika rencana keberangkatan menjelang weekend atau hari Libur Nasional. Cukup banyak homestay yang ditawarkan dengan harga yang bervariatif. Karena rencana awal kami yang ingin mendaki puncak Sikunir, maka kami memutuskan mencari Homestay Cahaya Sikunir yang dekat dengan area tersebut. Penginapan yang kami pilih bernama Homestay Cahaya berada di Telaga Cebong dengan jarak +- 200 m dari basecamp Sikunir, dengan  harga Rp 300 ribu/kamar/malam (cukup menarik karena bisa diisi 4 orang).
Ini View dari Balkonnya Sob
IMG_7406
9 Maret 2016
Pukul 04.00 kami bersiap untuk summit Puncak Sikunir. Perjalanan menuju puncak Sikunir membutuhkan waktu 30 menit dari Basecamp awal. Jalur yang kami lewati masih banyak berupa tanah, sebaiknya menggunakan sandal gunung atau sepatu gunung agar lebih safety.
Sekitar pukul 04.30, kami akhirnya tiba di salah 1 spot yang cukup luas untuk menikmati Golden Sunrise Sikunir. Setelah menunggu beberapa saat, akhirnya yang ditunggu pun tiba. Perlahan-lahan sinar berwarna merah keemasan mulai nampak.
Indonesia memiliki banyak potensi wisata alam seperti salah 1 nya Golden Sunrise Sikunir. Mari kita jaga agar tetap asri dengan melakukan hal-hal kecil seperti tidak mengotorinya dengan membuang sampah sembarangan.
Berikut ini merupakan beberapa hasil foto dari Arc’s Project. Enjoy it:
IMG_7059IMG_7181IMG_7194IMG_7211IMG_7244
Tips :
  1. Memakai jaket, sarung tangan dan syal, kaos kaki agar tidak kedinginan terutama jika kalian berencana pergi pada musim kemarau (bagian tubuh yang cepat dingin yaitu telapak tangan, kaki dan telinga)
  2. Memakai sandal/sepatu gunung (safety first)
  3. Bawa air secukupnya, jika mau cemilan tersedia warung.
  4. Bawa kamera
  5. bawa senter jika perjalanan dimulai jam 4 pagi
  6. bawa uang untuk menyumbang dalam rangka menjaga kebersihan Sikunir
©arya.suryanata (author)
Photo taken by : Arya Suryanata, Ryanto Senna Harahap
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s